Senin, 10 April 2017

menyinggung Perasaan

Menyinggung perasaan
Assalamualaikum,Wr,Wb
Suatu hari saya ngomomg seenaknya, tanpa berpikir terlebih dahulu sehinggaa menyebabkan teman saya tersinggung apakah saya berdosa ? kalau berdosa apa yang harus saya lakukan terhadap teman saya itu ? wassalam
Edhot,
Lubang Buaya , Jakarta Timur
Waaikumsalam ,Wr,Wb
Terima kasih atas pertanyaannya, orang hidup tidak lepas dari komonikasi terhadap siapapun, sering kali banyak kata yang kita ucapkan tanpa terasa menyakitkan orang yang di ajak kita bicara. Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita agar selalu berhati-hati dalam berbicara, usahakan dalam berbicara mengandung hikmah baik dan tidak menyakitkan, dalam hadisnya beliau bersabda “ barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia berkata baik atau diam “ (mutafaqon Alaih ).
Demiian pula di dalam Al-qur’an Allah memerintahkan kepada kita untuk berkata baik serta menghindari perkataan buruk dan katakan kepada hamba-hambaku, hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar) sesungguhnya syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka , sesungguhnya syaitan itu adalah musuh  yang nyata bagi manusia ( QS, 17 : 53 )
Tentang ucapan akhi di atas apakah dosa atau tidak tergantung niatnya, seandainya niatnya menyinggung tentu berdosa, tetapi kalau  sengaja cobalah untuk meminta maaf kepada orang yang di ajak bicara, Allah maha luas ampunannya. Wallahu A’lam.
Sumber : Ustd. Muh. Hasan Darojat,MA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas kunjungannya jangan lupa komen

iklan otomatis